CARILAH TUHAN


Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup
(Amos 5:4)

Kata carilah Tuhan merupakan salah satu kata himbauan yang bisa kita dengarkan ketika ada yang memberikan nasehat untuk seseorang yang mempunyai masalah. Kata ini pun pernah diucapkan Tuhan melalui nabi Amos kepada orang Israel. Apa masalah orang Israel sehingga Tuhan sampai berfirman kepada mereka: “carlah aku maka kamu akan hidup.”
Pada waktu orang Israel sedang mengalami berbagai macam penderitaan. Mereka ditimpa banyak tulah dan ditambah lagi dengan ancaman dari bangsa Asyur. Semuanya ini menimpa umat pilihan Tuhan bukan karena Tuhan tidak setia tetapi karena kesalahan mereka sendiri. Bangsa ini melakukan penyembahan berhala disamping ibadah mereka kepada Tuhan, dan selain itu mereka juga melakukan dosa-dosa sosial yaitu ketidakadilan.
Dalam keadaan yang menyesakkan itulah Tuhan mengajak bangsa Israel untuk kembali kepada-Nya dan bukan kepada berhala-berhala atau sekutu-sekutu mereka karena semuanya itu akan lenyap juga dan mengalami penghkuman dari Tuhan.
Saudara ajakan untuk mencari Tuhan ini merupakan ajakan bagi kita juga, setiap orang yang mempunyai pergumulan hidup. Setiap orang pasti mempunyai masalah, terlepas dari apa penyebab masalah itu. Namun dalam keadaan demikan adakah kita mau mencari Tuhan atau sebaliknya lebih mengandalkan kekuatan kita sendiri untuk keluar dari masalah yang kita hadapi? Dari nasehat firman Tuhan ini marilah kita mencari Tuhan dan kalau kita melakukan hal itu ada satu janji Tuhan yang bisa dipegang teguh, yaitu kita akan hidup.
Share on Google Plus

About MEZBAH PETRA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.